Guna memahami dasar-dasar Jurnalistik, departemen PSDM HIMAPRODI KPI IKHAC adakan Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar

Kominfo kpi

MOJOKERTO – Departemen Pengembangan Sumber Daya Manusia Himpunan Mahasiswa Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam (PSDM HIMAPRODI KPI) Institut Pesantren KH. Abdul Chalim (IKHAC) gelar Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar, mengusung tema “Kreatif Positif Menggagas Jurnalis Berkualitas”. Dilaksanakan di aula gedung Pascasarjana IKHAC, Rabu (27/7/2022)

Turut hadir M. Chabibi, L.c., M.Hum., M.IP selaku kepala program studi KPI IKHAC, Puji Laksono, M.Si., selaku dosen KPI, dan peserta seminar dengan total kurang lebih 30 orang peserta.

Acara ini digagas oleh departemen PSDM HIMAPRODI KPI IKHAC, dengan tujuan guna merealisasikan program kerja HIMA dan menjadikan mahasiswa KPI lebih memahami dasar dasar jurnalistik.

“Jurnalistik sangat lekat dengan identitas KPI. Acara ini diadakan supaya mahasiswa KPI lebih memahami dasar dasar jurnalistik. Sebenarnya di kelas formal kuliah pun terdapat beberapa mata kuliah yang menjelaskan dasar-dasar tersebut. Untuk mengantisipasi adanya materi yang terlewat, dan agar mahasiswa lebih faham, maka kami mengadakan acara ini,” hal ini disampaikan langsung oleh ketua pelaksana, Siti Aulia Lutfia Rohmah saat diwawancarai.

Hadir pada acara tersebut, Isnawati selaku mahasiswa KPI sekaligus peserta PJTD menyampaikan pentingnya mengikuti pelatihan tersebut.

“Saya rasa PJTD ini sangat perlu untuk kita tahu dan mengikuti rangkaian kegiatannya. Yang dimana PJTD ini bisa menjadi salah satu dari sekian banyak skill yang harus dimiliki oleh mahasiswa Prodi KPI. Jadi, saya rasa tidak ada alasan untuk kita tidak mengikuti kegiatan tersebut karena sangat penting dan perlu untuk kita tahu. Selain bermanfaat untuk diri kita, di kemudian hari kita berkesempatan untuk kerja dan itu akan sangat bermanfaat. Perlu kita ketahui, banyak hal diluar sana yang perlu kita beritakan dan suarakan. Mungkin melalui PJTD ini kita bisa lebih faham dan lebih terarah dari segi penulisannya, gaya bahasanya, dan cara menyebar luaskan berita tersebut,” pungkasnya.

Dalam pelaksanaanya, acara ini berlangsung 2 hari dari hari Senin pukul 08.30 WIB. Dibuka dengan pembukaan formal; pembacaan ayat suci Al-Quran, menyanyikan lagu Indonesia Raya, Mars Ikhac, dan mars forkomnas, kemudian sambutan, pemaparan 3 materi pada setiap harinya, dan diakhiri dengan pembacaan doa serta foto bersama. (mla)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Rebut Kembali, Mahasiswa KPI IKHAC Raih Juara 1 Cabang Tilawah Tingkat Provinsi Jawa Timur

MOJOKERTO – Abdul Qadir Jaelani, Mahasiswa Institut Pesantren KH. Abdul Chalim (IKHAC) berhasil meraih juara 1 Cabang Tilawah dalam ajang Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) Program Studi Pendidikan Agama Islam (PRODI PAI) IKHAC Tingkat Provinsi Jawa Timur. Dilkasanakan di Masjid Abdul Chalim, Sabtu (29/10). Mahasiswa semester tiga Prodi Komunikasi dan Penyiaran […]